Bangkit dari Dampak Pandemi, IA ITB Usung Tema UMKM dengan Sentuhan Teknologi Dalam Rakernas 2022

- News
  • Bagikan
Pengurus IA ITB Jawa Barat dengan pengurus IA ITB Sumatera Utara melakukan koordinasi terkait pelaksanaan Rakernas 2022 yang akan digelar di Bangka Belitung. (Foto: Istimewa)

HERALDJABAR.ID, – Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) tengah dalam persiapan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022. Kegiatan tersebut rencananya akan digelar di Pangkal Pinang, Bangka Belitung atas kolaborasi IA ITB Jawa Barat dengaan IA ITB Sumatera Utara.

Ketua Panitia Rakernas, Basar Simanjuntak, mengatakan, Rakernas tahun ini merupakan yang kedua digelar dalam kepengurusan periode 2021-2025. Sebelumnya, IA ITB menggelar Rakernas di Kota Bandung pada Desember 2021.

Menurut Binsar, pada Rakernas 2022 ini, IA ITB akan mengangkat tema “Penguatan UMKM oleh Sentuhan Teknologi”. Bagi IA ITB, tema tersebut menarik dalam upaya membantu pemerintah demi tercapainya ekonomi yang inklusif untuk memperkuat perekonomian Indonesia.

“Ini adalah ikhtiar seluruh alumni ITB untuk berperan penting membantu pemerintah dalam membangun dan memperkuat perekonomian Indonesia melalui sentuhan teknologi,” tegas Basar dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 4 Oktober 2022.

Apalagi, lanjut Basar, Indonesia dan dunia saat ini terus berjuang setelah diterjang pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir, yang telah merusak tatanan ekonomi dunia. Namun di sisi lain, pandemi tersebut juga telah memunculkan tantangan bagi seluruh masyarakat dunia untuk bertahan.

“Segala lini kehidupan terkena dampak akibat pandemi, mulai dari kesehatan hingga ekonomi. Diperlukan kerja sama dari berbagai sektor untuk bisa membawa kita bangkit dari masa kelam kemarin,” tambah Basar.

Hal sama dikemukakan Wakil Kepala Lembaga Pengendalian Kebijakan dan Sumber Daya Alumni (LPKSDA) Pengurus Pusat IA-ITB, Idham Maulana. Menurutnya, tema rakernas diharapkan inline dengan tema rembuk daerah yang diselenggarakan LPKSDA yang bersinergi dengan IA-ITB Jawa Barat dan IA-ITB Sekolah Bisnis & Manajemen Januari lalu.

Rembuk daerah tersebut bertujuan untuk menemukan formula yang pas dalam menangani permasalahan sektor ekonomi di negeri ini.

“Tentunya kami akan mendukung penuh dan tegak lurus dengan apa yang direncanakan oleh Ketua Rakernas IA-ITB 2022, apalagi Beliau juga adalah Kepala Lembaga kami,” ujar Idham Maulana.

Lebih jauh Idham menuturkan, jika panitia telah melakukan survei ke lokasi Rakernas sekaligus bersilaturahim dengan Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, yang juga diketahui sebagai Ketua Dewan Pengawas IA-ITB.

“Kami juga bertemu dan menggali informasi dari rekan-rekan Pengurus Daerah IA-ITB Bangka Belitung guna memantapkan konten Rakernas nanti”, pungkasnya.

 

  • Bagikan