Program KIP Kuliah Kembali Dibuka, Pemilik PIP Dikmen Jadi Prioritas

- Viral
  • Bagikan

Sementara itu, sebanyak 99.744 mahasiswa atau sekitar 53,8 persen mengajukan surat keterangan tidak mampu sebagai persyaratan untuk mendapatkan bantuan ini.

Pada tahun ini, pemerintah memberikan prioritas pertama kepada mahasiswa yang memiliki PIP Dikmen, diikuti oleh mahasiswa pemilik kartu kesejahteraan sosial dan mahasiswa yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain itu, mahasiswa yang mendaftar melalui kepemilikan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) juga menjadi salah satu kategori penerima KIP Kuliah.

Pada tahun 2023 ini, pemerintah berharap dapat meningkatkan jumlah mahasiswa penerima KIP Kuliah melalui jalur PIP, DTKS, serta melibatkan kabupaten/kota yang terdampak kemiskinan ekstrim sebanyak 210 wilayah.

Hal ini sebagai langkah konkret dalam memberikan akses pendidikan yang lebih merata bagi mahasiswa kurang mampu di seluruh Indonesia.

Dengan adanya program KIP Kuliah 2023 ini, diharapkan mahasiswa yang kurang mampu tidak lagi terkendala oleh faktor finansial dalam mengejar cita-cita mereka.

Pemerintah terus berkomitmen untuk memberikan dukungan dan peluang yang setara bagi semua lapisan masyarakat, termasuk dalam hal pendidikan. (*)

  • Bagikan