Lewat Hyperlocal Tokopedia, 14 Juta Pelaku UMKM Jangkau Konsumen di Seluruh Indonesia

- Bisnis
  • Bagikan
Penjualan kendaraan listrik back mobil dan motor meningkat pesat di Tokopedia. Foto: Tokopedia

HERALDHITS, YOGYAKARTA – Sebanyak lebih dari 14 juta penjual dan hampir 100 persen pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) telah menggunakan marketplace Tokopedia selama 14 tahun. Pertumbuhan pesat pelaku UMKM dalam marketplace ini tak lepas dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia.

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Antonia Adega menjelaskan, melalui Hyperlocal Tokopedia, pelaku usaha di seluruh wilayah di Indonesia punya kesempatan yang sama untuk menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi.

Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging dan bertujuan mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada.

“Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai manifestasi. Contohnya, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. KTP memungkinkan penjual menjangkau pasar di wilayah sekitarnya dengan lebih mudah,” jelas Antonio Adega dalam Media Workshop di Yogyakarta, Rabu (30/8/2023).

Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir dan penanganan kendala. Penjual dapat menitipkan produk di gudang-gudang pintar Dilayani Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Adega menjelaskan, dengan Dilayani Tokopedia, penjual bisa menjangkau pasar di luar kota atau pulau dengan lebih mudah, tanpa harus berpindah lokasi dan membuka toko cabang sendiri.

“Selama lebih dari 14 tahun berdiri, Tokopedia saat ini sudah terdiri dari lebih dari 14 juta penjual dan hampir 100 persen pelaku UMKM. Melalui Tokopedia, mereka memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar kepada masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia,” kata Adega.

Menurut Adega, inisiatif Hyperlocal Tokopedia membantu kemajuan pelaku usaha di Indonesia, termasuk Yogyakarta. Upaya ini sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers).

  • Bagikan