Arab-Israel Makin Akur, Dapat Ucapan Hari Nasional

- Islam Journey
  • Bagikan
Arab-Israel Makin Akur, Dapat Ucapan Hari Nasional

HERALD.ID — Israel menyampaikan ucapan selamat Hari Nasional Arab Saudi ke-93 pada Sabtu (23/9/2023). Dalam ucapan tersebut Israel menyampaikan harapan agar mereka dapat mewujudkan kerja sama dan hubungan bertetangga yang baik.

“Kami menyampaikan ucapan selamat dan berkah yang tulus kepada raja, pemerintah, dan rakyat Kerajaan Arab Saudi pada kesempatan hari nasional ke-93,” kata Kementerian Luar Negeri Israel dalam sebuah pernyataan, dilaporkan Al-Arabiya.

“Semoga Tuhan memberi Anda kebaikan dan berkah dengan harapan kami bahwa suasana damai, kerja sama, dan hubungan bertetangga yang baik akan terwujud,” kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Israel.

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) mengatakan, perwujudan normalisasi diplomatik antara Israel dan Saudi semakin dekat. Saat ini negosiasi normalisasi Saudi-Israel yang ditengahi oleh Amerika Serikat (AS) masih berlangsung.

“Setiap hari, kami semakin dekat,” kata MBS kepada stasiun televisi Amerika Serikat, Fox News, yang disiarkan pada Rabu (20/9/2023) malam.

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden terus berupaya untuk menengahi hubungan bersejarah antara Saudi dan Israel yang merupakan sekutu utama Washington di Timur Tengah. Negosiasi normalisasi Arab Saudi-Israel berlangsung cukup rumit.

Pembicaraan mengenai normalisasi juga mencakup kemungkinan konsesi Israel kepada Palestina, serta diskusi mengenai jaminan keamanan AS dan bantuan nuklir sipil yang diinginkan Riyadh. MBS mengatakan kepada Fox’s Special Report, masalah Palestina sangat penting bagi Riyadh.

“Kita perlu menyelesaikan bagian itu,” kata MBS ketika ditanya apa yang diperlukan untuk mencapai kesepakatan normalisasi.

  • Bagikan