Mendunia! Produk Kota Bandung Bakal Hadir di 4 Musim

- Bisnis
  • Bagikan

HERALDJABAR.ID, BANDUNG – Dalam waktu dekat, Dekranasda Kota Bandung akan menjalin kerja sama internasional dengan Korea Selatan. Kabar tersebut disambut optimis Pj Ketua Dekranasda Kota Bandung, Linda Bambang Tirtoyuliono seusai serah terima jabatan di Galeri Patrakomala, Jumat 29 September 2023.

“Begitu banyak paparan dan capaian yang luar biasa sudah diraih Dekranasda Kota Bandung. Kota Bandung memiliki daya tarik bagi orang yang berkunjung ke sini. Bahkan, mendapatkan julukan Paris van Java,” ungkap Linda.

Agar bisa unggul di pasar internasional, Linda menyebutkan, Kota Bandung harus fokus dengan keunggulan komparatif. Salah satunya dengan menganalisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat).

“Setelah mengetahui analisis SWOT, kita juga perlu mengetahui keunggulan produk lain. Sehingga kita bisa bersaing dengan mereka,” ujarnya.

Ia menambahkan, para pelaku UMKM dan Dekranasda Kota Bandung bisa mengambil celah impor dalam agenda virtual business matching dengan Korea Selatan. Jika produk Kota Bandung mampu memenuhi kebutuhan Korea Selatan, maka Kota Bandung bisa menjadi eksportir yang berkelanjutan.

“Di Korea itu punya empat musim. Usahakan di setiap musimnya itu ada produk kita, sehingga mereka terus membutuhkan produk-produk dari Kota Bandung. Dengan begitu kita bisa menjadi eksportir yang berkelanjutan,” ucapnya.

Ia menambahkan, kesempatan ini harus dikejar untuk semakin menggeliatkan perekonomian Kota Bandung. Apalagi saat pandemi Covid-19 melanda, tak satu pun kegiatan perekonomian yang bisa bertahan. Pandemi menyerang semua sendi-sendi kehidupan.

Editor: Arif
  • Bagikan