Jusuf Kalla Sebut Hutang Waskita Karya ke Bukaka Tembus Rp300 Miliar

- Bisnis
  • Bagikan
Pendiri Kalla Group, Jusuf Kalla. (Foto: Tim Media JK)

HERALDJABAR.ID, BANDUNG, – Pendiri Kalla Group, Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, BUMN saat ini masih memiliki hutang kepada salah satu perusahaannya. Hutang yang berlum terbayar hingga tiga tahun itu totalnya senilai Rp 300 Miliar.

“Perusahaan kami malah sudah tiga tahun senilai Rp 300 miliar belum dibayar-bayar,” sebut JK usai membuka kegiatan Musyawarah Wilayah II Ikatan Saudagar Muslim se Indonesia (ISMI) di Kota Bandung, Rabu, 11 Oktober 2023.

Sejauh ini, JK tidak mengetahui pasti penyebab BUMN belum membayar hutang ke perusahaannya tersebut. “Saya juga tidak tahu pasti penyebabnya. Atau mungkin terlalu banyak tugas dan tidak ada uang,” kata JK lagi.

Solusinya, kata Wakil Presiden ke 10 dan 12 ini, pemerintah harus menjamin tentang hutang tersebut. “Pemerintah dalam hal ini pemegang saham harus menjamin (membayar) hutang itu. Karena biasanya, pemegang saham selalu yang bertanggungjawab,” imbuh Ketua Umum PMI tersebut.

JK tidak menyebut secara rinci perusahaan yang dimaksud. Namun dari beberapa informasi, BUMN yang berhutang tersebut adalah PT Waskita Karya Tbk (WSKT). Sedangkan perusahaan milik keluarga Jusuf Kalla adalah PT BUkaka teknnik Utama Tbk (BUKK).

Utang piutang tersebut terjalin dalam proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated atau Tol MBZ.(*)

  • Bagikan