Antisipasi Bencana Banjir di Jakarta, Ini Langkah BPBD

- Peristiwa
  • Bagikan
Kawasan Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, kembali terendam banjir akibat luapan Kali Ciliwung, Jumat (24/2/2023).. Dok : Istimewa

HERALDJABAR.ID– Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (4/11/2023) dan Minggu (5/11/2023), menyebabkan genangan di sejumlah wilayah ibukota.

Beberapa ruas jalan yang viral di media sosial karena tergenang banjir pada akhir pekan lalu diantaranya yakni Jalan Lenteng Agung (Stasiun KRL Tanjung Barat), Taman Wisata Kebon Binatang Ragunan arab Ciganjur.

Kemudian adapula Kelurahan Rawajati, Kelurahan Cilandak Barat, (Jakarta Selatan), Kelurahan Cililitan dan Kelurahan Kramat Jati (Jakarta Timur) yang banjir karena curah hujan tinggi.

Sedangkan tiga kelurahan yakni Cawang, Bidara Cina, Kampung Melayu diketahui genangan juga disebabkan luapan Kali Ciliwung selain karena curah hujan tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengklaim pihaknya sudah siap menghadapi bencana banjir di ibukota Jakarta.

“Kami sudah memiliki Tim Respon Cepat (TRC) yang berjumlah 267 orang. TRC ini bertugas menangani bencana, melakukan edukasi, ikut evakuasi, dan penanganan pasca bencana. Mereka juga ada piket 24 jam,” ujar Isnawa Adji, Selasa (7/11/2023) kepada awak media.

Selain itu, BPBD DKI Jakarta juga berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait penanggulangan bencana banjir, seperti rescue, PMI, Tagana, SAR, dan lain-lain.

Dalam hal fungsi dan kebutuhan pompa stasioner dan mobile, BPBD DKI selalu berkolaborasi dengan Dinas Sumber Daya Air.

  • Bagikan