Dukun Ditangkap Usai Menipu Rp83,4 Juta, Berdalih Bantu Perjodohan

- Peristiwa
  • Bagikan
Ilustrasi

HERALDJABAR.ID – Anggota Reskrim Polsek Batanghari, menangkap AS (37) warga Desa Samikarto, Kecamatan Sekampung, Lampung Timur lantaran menipu korban SK (63) dengan dalih sebagai dukun yang membantu perjodohan.

Kapolsek Batanghari AKP Erson mengatakan, pelaku ditangkap di rumahnya pada Selasa (7/11/2023) pagi. Penangkapan dilakukan setelah korban SK (63) warga Batanghari melaporkan pelaku atas dugaan tindak pidana penipuan.

“Dari laporan korban dilakukan penyelidikan sehingga pelaku ditangkap di rumahnya,” kata Erson.

Peristiwa ini berawal dari perkenalan korban dengan tersangka melalui media sosial. Mereka kemudian saling bertukar nomor handphone.

“Pelaku ini mengaku dapat membantu korban untuk memudahkan mendapatkan jodoh, dengan modus menggunakan praktik perdukunan,” ujar Erson melasnir Inews.

Pelaku kemudian meminta korban untuk mentransfer uang di rekeningnya. Uang ini akan dipakai untuk membeli berbagai perlengkapan, sebagai syarat melakukan ritual praktek perdukunan.

Pelaku juga sempat mengancam korban. Jika permintaan tidak dituruti maka nyawa anak korban dapat terancam, karena akan dijadikan tumbal. Korban yang ketakutan, kemudian secara bertahap mengirimkan uang kepada pelaku dengan nilai mencapai Rp83,4 juta.

Selain pelaku, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa dokumen perbankan dan telepon genggam.

  • Bagikan