Empat Ulama Indonesia Berpidato tentang Lintas Agama di Gedung Parlemen Inggris

- Islam Journey
  • Bagikan
Empat ulama asal Jawa Barat usai mengikuti dialog dan pidato lintas agama di gedung parlemen Inggris, Kamis, 16 November 2023, waktu setempat. (Foto: Tim english for ulama)

HERALDJABAR.ID, BANDUNG, – Empat ulama asal Jawa Barat berbicara di Gedung Parlemen Inggris, London, Kamis (16/11/2023) waktu setempat. Mereka sedang mengikuti kegiatan ‘Interfaith Works: Living Examples’, sebuah kegiatan yang digagas organisasi All Faith Network dan Minhaj Welfare Foundation.

Empat ulama tersebut adalah Muhammad Luthfi asal Sukabumi, Muhamad Fachrurrazi dari Bogor, Neneng Yanti Khozanatu Lahpan dari Pesantren Mahasiswa Universal Bandung, serta Oki Setiana Dewi dari Pesantren Maskanul Huffadz.

Keempat ulama ini berpidato di hadapan perwakilan pemuka berbagai agama di salah satu ruangan di gedung paling bersejarah di Inggris tersebut.

Kegiatan dialog dibuka oleh Chair All Party Parliamentary Group on Faith and Society Sir Stephen Timms, dihadiri juga oleh Duta Besar Indonesia untuk Britania Raya Desra Percaya, Director Operations Minhaj Welfare Foundation Adnan Sohail, dan sejumlah tokoh agama.

Dalam kesempatan tersebut, peserta program English for Ulama Neneng Yanti Khozanatu Lahpan turut memberikan pidato mengenai keberagaman suku dan agama di Indonesia, khususnya Jawa Barat. 

Juga mengenai kerukunan hidup beragama di negeri dan provinsi dengan penduduk muslim terbesar di dunia tersebut. Neneng menjelaskan, dalam program English for Ulama, ia dan ulama lainnya memiliki misi untuk berbagi pengalaman tentang kehidupan beragama di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. 

“Kami ingin berpartisipasi dalam menyebarkan pesan Islam yang damai di Indonesia kepada masyarakat luas. Kami belajar bagaimana dialog lintas agama di Inggris dapat menjadi model yang diimplementasikan di Jawa Barat,” katanya di hadapan tokoh lintas agama.

Ia menitikberatkan tentang peran pemuda dan wanita dalam dialog lintas agama, serta tantangan dan peluangnya di Jawa Barat, Indonesia.

  • Bagikan