Wasit Indonesia Diminta Tingkatkan Kebugaran

- Sepakbola
  • Bagikan
Wakil Ketua Komite Wasit PSSI asal Jepang, Yoshimi Ogawa. (Foto: Inilah.com)

HERALDJABAR.ID, BANDUNG, – Kualitas wasit sepak bola di Indonesia kadang menjadi sorotan. Tidak hanya dalam memimpin pertandingan, namun juga kondisi kebugaran fisik.

Wakil Ketua Komite Wasit PSSI asal Jepang, Yoshimi Ogawa mengungkapkan, kebugaran fisik merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki seorang pengadil. Pasalnya kondisi fisik yang bugar akan menentukan tepat atau tidaknya wasit memberikan keputusan.

Menurut Ogawa, wasit Indonesia secara umum memiliki fisik yang bagus. Namun demikian yang paling penting adalah semua wasit Indonesia perlu meningkatkan kebugaran mereka.

“Mereka harus meningkatkan kebugaran mereka,” kata Ogawa seperti dilansir inilah,com, Selasa, 21 November 2023.

Olehnya itu, mantan wasit FIFA ini akan melakukan penilaian dan mengamati kinerja wasit lokal secara langsung bulan Desember mendatang. Ogawa mengaku akan datang bersama rekannya dari Jepang yang memang ahli untuk memberi instruksi kepada wasit dan asisten wasit.

“Kami mengadakan pelatihan praktis bulan depan. Itu sebabnya saya tidak bisa mengenali kinerja mereka. Tapi kita tunggu saja. Namun, jika kami melanjutkan program seperti ini kepada wasit, asisten wasit, tentu mereka akan meningkat,” tambah dia.

Sejauh ini, lanjut Ogawa, pihaknya belum bisa menilai kualitas kepemimpinan wasit Indonesia di kompetisi musim 2023/2024. Ia baru mendapat beberapa kesimpulan terkait kualitas fisik para wasit. Ia hanya mempelajari situasi ini dari beberapa potongan video.

Untuk diketahui, PSSI memang menunjuk Ogawa sebagai Wakil Ketua Komite Wasit di federasi. Sosok yang punya jabatan serupa di federasi sepak bola Jepang (JFA) akan mendapat arahan langsung dari Erick Thohir selaku Ketum PSSI dan Ketua Komite Wasit PSSI.(*)

  • Bagikan