Dua Pelaku Pencurian Buku Pelajaran SD Kepergok Ronda Warga, Keduanya Langsung Dibawa ke Kantor Polisi

- Kriminal
  • Bagikan
Ilustrasi

HERALDJABAR.ID, BANDUNG – Aksi pencurian buku pelajaran siswa SD, oleh dua orang pria yang menjadi target warga serta pihak sekolah, berhasil diamankan saat ronda warga di Desa Cinunuk beserta guru dari SD Negeri di Cinunuk, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, Kamis 23 November 2023 malam kemarin.

Aksi dua pria yang membobol bangunan SD gabungan SDN 1, 2 dan SDN 7 Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung serta mencuri ratusan buku pelajaran di ketiga SDN tersebut, ditangkap massa saat beraksi, Kamis (23/11/2023) malam pukul 23.00.

Kedua pria warga Desa Cinunuk ini, berhasil diciduk massa yang diawali dengan dipergoki ronda malam gabungan guru-guru, penjaga sekolah dan satpam karena di ketiga SDN di di jalan Raya Cinunuk, tepatnya dibelakang Puskesmas serta Kantor Desa Cinunuk kerap kehilangan barang-barang, termasuk buku-buku pelajaran.

Kepala SDN 7 Cinunuk, Acep Ruskandar ketika dikonfirmasi, membenarkan ditangkapnya kedua pria saat malakukan aksi membobol di 3 SDN tersebut.

Menurut Acep, ronda malam gabungan tersebut sengaja dilakukan untuk memonitor, sekeligus mengintip pelakunya.

“Upaya ronda gabungan membuahkan hasil, saat kedua pelaku membongkar jendela diketahui. Setelah berada di salah satu ruang kelas mengambil buku pelajaran dari lemari dikepung massa ronda gabungan dan ditangkap tanpa perlawanan,” jelasnya.

Acep bersyukur, warga Cinunuk ikut membantu proses penangkapan dua pria pelaku pencurian ribuan buku pelajaran tersebut.

“Pihak kepala sekolah dan guru-guru di ketiga SDN tersebut prihatin atas kejadian tersebut. Pasalnya, ratusan buku pelajaran tersebut sangat bernilai bagi anak didik dan bisa jadi oleh pelaku dijual per kilogram,” pungkas Acep.

  • Bagikan